Sunday, September 25, 2011

KULIAH DAN KULI

Jakarta. Iya Jakarta adalah tempat yang gw pilih untuk melanjutkan kuliah. Tentunya ada alasan yang kuat mengapa gw memilih Jakarta daripada daerah-daerah lain. Pertama,gw ada family di Jakarta. Kedua,gw belum pernah ke Jakarta. Anti-klimaks abis. Iya,gw tau gw kampungan. *guling-guling di jalan*.


Ya sebenarnya tinggal di tempat yang kita belum pernah datangi sebelumnya itu ngeri-ngeri sedap. Ngerinya yaitu pada saat ketemu banci yang sering keliling di daerah tempat tinggal gw. Itu jujur gw ngeri abis. Badanya besar tegap tapi gaya kemayu. Takutnya pada saat gw lewat di depan dia. Dianya bilang “Misi-misi... Izinkan eke menyumbangkan beberapach laghu yach... Ine neh eke nyanyiin. Sathu dhua tigha....”. “Sori gw lagi buru-buru nih mbak”. “WOY!!!! DENGARIN GAK????!!!!!” *langsung gw dengerin sampai habis*. Sedapnya itu,kalau ketemu banci yang suaranya bagus. #lagi-lagi.


Di Jakarta gw tinggal di kos. Ya sebagai ini gw dengan resmi menyandang status anak kos. Kos itu identik dengan anak mahasiswa yang kerjanya cuma nebeng sana-sini. Termasuk gw. Dari nebeng kendaraan sampai nebeng toilet.


Gw kuliah ngambil jurusan manajemen. Yang bahasa inggrisnya management. Bahasa prancisnya? Gw bukan orang Itali. (Gak nyambung abis). Jadi jangan tanya gw. Sebenarnya setelah gw teliti lebih dalam kuliah dan kuli itu adalah hal yang sama . Sama-sama “KULI”. Ya,bedanya sih cuma kata “-ah”-nya doang. Yang satu karena keinginan sendiri,dan yang satu lagi juga keinginan sendiri mencari pekerjaan tersebut. Contohnya dalam kalimat:


Kuliah:

“Aduh,gw mau KULI-ah.”

Dalam kalimat tersebut,kata “-ah” itu menunjukkan adanya keinginan diri sendiri untuk menjadi kuli.


Kuli:

“Aduh,gw mau KULI.”

Dalam kalimat ini menunjukkan bahwa seseorang ingin menjadi kuli. Atau pun bisa berarti seseorang yang ingn sesuatu hal yang berbau kuli atau bernama kuli.


Jadi kesimpulannya adalah gak ada bedanya antara anak kuliahan dan kuli. Sama-sama di susah. Perbedaannya hanyalah terdapat di kata “-ah”nya doang. Tapi perbedaan terbesar yang terdapat antara “kulihan” dan “kuli” adalah kuliahan kita yang bayar,sedangkan kuli kita yang di bayar. Jadi untuk apalagi kuliah????!!! Mulai besok kita semua tak perlu kuliah lagi. Yang udah daftar kuliah,cepat-cepat batalin biar bisa dapat sedikit duit dari yang telah kita transfer. Yang udah kuliah sampai semester 8? Langsung DO aja. Gak butuh lagi tuh. Bayangin,brapa lagi yang harus kita habiskan untuk semester 8? Tak pernah kah kalian berpikir uang yang di habiskan dari semester 1-7??!!! Maka saya himbau,supaya tidak ada lagi yang kuliah. MULAI BESOK JADI KULI SEMUA,BIAR KITA DI BAYAR!!!! UOOOHHH!!!! *kena tabok nyokap*


Jadi anak kos itu ada enak dan gak enaknya juga. Enaknya sih kita punya banyak teman. Punya banyak teman itu sebenarnya suatu keharusan. Jangan bilang anda adalah seorang pemalu. Karena jika menjadi anak kos tanpa ada teman itu susahnya kebangetan. Ya siapa tau aja kalau tiba-tiba kita sakit. Gak ada yang tau? Gak ada yang bisa di titipin absen? (Kampret). Terus gimana kalau kita butuh teman kita di saat kita sedih? Galau? Atau gundah gulana? Sedih karena duit yang di kasi nyokap bokap habis di tengah bulan. Galau karena gak tau mau makan apaan. Gundah gulana karena gak tau mau bayar pakai apa. Emang setengah bulan kedepannya mau makan bayar pakai apa? Di sinilah teman kita akan berguna (Keparat abis). Jadi buat kaum pemalu yang ada di luar sana. Pikirlah dua kali. Pilihan ada di tangan anda. Mau gak makan sebulan atau makan sebulan?


Dulu gw sempat berpikir kalau jadi anak kosan itu benar-benar enak. Apalagi kalau ada cewek. Kemana-mana tinggal pergi berduaan. Romantis abis. Tapi setelah gw alami. Ini sangat berdampak kampret kepada gw. Apa yang gw harapkan selama ini hanya ada di dalam imajinasi gw. Dimana gw berharap bakal berdua-duaan kayak di tipi-tipi. Jalan-jalan ke Ancol sambil main wahana-wahana yang ada sambil pegangan tangan. Merasakan dimana semua hal di dalam dunia ini adalah kontrak. Tapi jujur masalah cewek ini membuat gw galau tingkat anak 3 SMP semenjak jadi anak kosan. Ya salah satu masalah yang sudah biasa yaitu cewek mana yang mau sama gw??? Satu lagi masalahnya yaitu KENDARAAN!!! Gw tegaskan lagi KENDARAAN!!!.


Gw gak ada kendaraan pribadi yang bisa gw pakai di sini. Gw ke kampus aja pakai jalan kaki. (Ya iyalah. Kampus lu kan dekat). Gara-gara kendaraan ini gw jadi galau 3 hari 3 malam. Gw juga sampai gak mandi 3 hari. Itu bukan karena galau,itu karena waktu itu Jakarta lagi krisis air. Terpaksa gw harus mandi di empang.


Bukan di karenakan macetnya Jakarta. Tapi KENDARAAN YANG DI PAKAI APAAN!!! Ya sebagai contohnya ada 2 cowok yang ngajak ceweknya jalan.


Cowok 1 : Say,besok malam minggu nih. Jalan yuk! Sekalian dinner gimana? Gw nemuin tempat romantis lho.

Cewek : Bole tuh... Aduh gak sabaran nih say.

Cowok 1 : Iya,nanti malam jam 7 gw jemput di rumah yah pakai mobil kemarin. Sekalian mau ketemu papa mama kamu.

Cewek : Oh... Naik bmw sport kemarin? Bosan nih mobil itu mulu. Bagus deh,papa mama juga mau ketemu kamu say.

Cowok 1 : Ya udah. Nanti jemput pakai mercy deh. Gw mandi dulu yah... See you beb .

Cewek : Aduh. Makin sayang deh. MUAAAHHH!!!!! *tutup telepon*


Pada saat ceweknya di jemput. Ceweknya dandan secantik mungkin dan orang tuanya pun melambaikan tangan pada saat anaknya di jemput seorang cowok sambil tersenyum.

Ya dalam situasi ini bisa dipastikan kedua insan ini akan semakin mesra dan dekat. Contoh cowok kedua.


Cowok 2 : Say,besok malam minggu nih. Jalan yuk! Sekalian dinner gimana? Gw nemuin tempat romatis lho.

Cewek : Dimana? Romantis lu kan di kuburan!

Cowok2 : Kok gitu sih beb... Jam 7 nanti gw jemput pakai oplet yah. Sekalian mau ketemu papa mama kamu.

Cewek : AH! Gw bosan pakai oplet mulu. Ganti kek!!! PAPA MAMA GAK DI RUMAH!!!

Cowok2 : Ya udah,nanti pakai kopaja aja gw jemputnya.

Cewek : *tutup telepon*


Pada saat di jemput. Ceweknya bersembunyi di dalam rumah.Hal yang dilakukan oleh orang tuanya hany ada dua. Satu orang tuanya bilang kalau anaknya ada urusan dan barusan saja pergi. Tentu saja ini adalah alasan yang diciptakan untuk menjaga perasaan si cowok. Yang kedua,orang tuanya ikut sembunyi di dalam rumah. Lampu rumah semua di tutup seakan seisi rumah tidak ada di dalam rumah. Dan ini adalah alasan orang tua yang dapat membuat seorang cowok bakal melakukan harakiri di rumahnya sendiri. Tragis.Bisa kita lihat,hubungan ini gak bakal berjalan mulus. Jangankan hubungan,mau jalan bareng aja susah. Jadi saran gw ganti dari jalan bareng menjadi ngapel. Mungkin status anda akan naik,meskipun sedikit. Hanya untuk menghindari situasi “rumah gak ada orang”.


Biaya adalah sesuatu hal yang juga harus dipikirkan untuk anak kosan. Contoh mudahnya yaitu makan. Makan ini adalah hal yang gampang-gampang susah. Gampang makannya,susah bayarnya. Sebagai anak kos yang kritis,mereka harus memikirkan pendapatan yang ada. Dan karena gw anak kos,gw membuat suatu rumusan yang ampuh.


Rumus:

Pendapatan > Pengeluaran (Ini ok banget).

Pendapatan = Pengeluaran (Lumayan).

Pendapatan < Pengeluaran (INI KAMPRET ABIS NAMANYA).

Itulah rumus yang menurut gw konkret banget. Bayangin aja,kalau lu punya cewek. Lu sendiri orangnya boros. Untuk lu makan sendiri aja udah pas-pasan banget. Lu ngajak cewek lu makan.


“Say,pergi makan yuk sekarang”

“Ok say”

*selesai makan*

“Minta bill donk!” kata si cowok.

“Ini pak”.


“Say.......... Gini lho,duit gw dah habis dari kemarin. Jadi sayang yang bayarin yah. Kamu cantik deh say”


*si cewek bayarin lalu ngomong”


“ELOH!!!! GUWEH!!! ENDDDD!!!! LO TUH DI MATA GW NOTHINGZZZZ!!!!”


Ini salah satu contoh yang fail. Jangan juga sekali-sekali melakukan hal ini.


“Say,makan yuk” kata si cewek

“Okeh. Gw jemput yah”

*sampai di tempat makan*

“Lho,say itu bukannya teman kamu yah?” kata si cewek

“Iya,kita gabung aja yuk”

*saling nyapa* *duduk* *si cewek buka menu lalu manggil pelayannya*

“Beb,kok mesan makan sih?” kata si cowok terheran.

“Lho,bukannya mau makan yah?”

“Iya sih,tapi comotin aja makanan teman gw. Jangan mesan. Ga ada duit”


Ini juga failed. Tapi paling yang gak boleh di coba adalah situasi ini.


“Say... Pakai baju yang cakep yah... Bentar lagi gw jemput. Kita makan di restoran. Hehehe” kata si cowok.

“Lho,lagi dapat setoran yah? Biasanya kan makan mie mentah doang. Oke deh,ganti baju dulu yah.

*setelah di jemput* *dalam perjalanan* *sampai di restoran*

“Lho ini kok ramai yah? Pasti enak banget ini restorannya. Ini acara keluarga kamu yah?”

“Shhtttt.... Yang lagi ada acara ini bukan siapa-siapa gw. Kita cuma nimbrung di sini. Pura-pura aja staycool. Ambil aja makanannya sana. Tapi kalau ada orang lain yang nyapa. Sayang senyum aja.” kata si cowok sambil berbisik.

*si cewek kejang-kejang di tempat*


Jadi sebelum jadi anak kos pikirkan dulu apakah kalian memang ingin menjadi anak kos. Kalau yang sudah terlanjur menjadi anak kos. Pikir lagi. Saran gw cuma ada 2. Satu lu harus balik kampung. Bilang aja ke nyokap bokap lu kalau elu kangen mereka. Masalah bakal selesai. Kalau yang kuliah satu tempat dengan tempat kelahirannya. Bilang aja sama bokap nyokap kalau elu kangen mereka,jadi elu memilih putus kuliah. Masalah makin ruwet. Jadi pikirkanlah sebelum menyesal.

2 comments:

Ceciliaefendy said...

Ciee kemampuan nulisnya tambah bagus!!!
Good luck buat next post nya yaaw.. Ditunggu :)

Anonymous said...

Tq.... HAHAHAHAHA